• Thursday 24th of June 2021 04:06:42 AM

Sambutan Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP UPR

Selamat datang di laman resmi Jurusan Ilmu Administrasi Negara (IAN), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Palangka Raya! Laman ini merupakan sarana penyebaran informasi dari Jurusan Ilmu Administrasi Negara kepada para stakeholder baik itu mahasiswa sampai dengan masyarakat umum yang membutuhkan informasi.

Pertama-tama, kami panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena pada tahun 2019 lalu Jurusan Ilmu Administrasi Negara berhasil meraih Akreditasi A dari BAN-PT. Hal ini menjadi rekor tersendiri karena pencapaian tersebut membuat Jurusan IAN menjadi jurusan pertama di lingkungan Universitas Palangka Raya yang meraih Akreditasi A. Tentu saja pencapaian tersebut tidak diraih dengan mudah. Apa yang sudah dicapai hari ini adalah hasil dari suatu proses yang panjang, yang dimulai tahun 2005 saat Jurusan IAN masih di bawah Fakultas Ekonomi, kemudian dilanjutkan dengan terbentuknya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik tahun 2012 di mana Jurusan IAN berpindah di bawah FISIP hingga sekarang. 

Saat ini Jurusan IAN memiliki 11 orang dosen tetap PNS, 3 orang dosen kontrak serta ada beberapa dosen tamu baik dari fakultas lain di internal UPR maupun institusi luar. Dari 11 dosen tetap tadi ada tiga orang sudah bergelar Doktor dan satu orang sedang dalam proses studi Doktoral dan kedepannya Jurusan IAN akan terus mengirimkan lagi dosen-dosennya untuk menempuh studi S3 untuk menambah kualitas Sumber Daya Manusia-nya. Secara kuantitas pun Jurusan IAN akan terus melakukan rekrutmen dosen untuk memenuhi standar rasio dosen-mahasiswa, mengingat setiap tahunnya minat calon mahasiswa untuk masuk ke Jurusan IAN semakin meningkat. 

Saat ini Jurusan IAN telah menggunakan Kurikulum 2020 yang dikembangkan untuk menjawab tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan kebutuhan pasar kerja. Jurusan IAN juga sedang dalam proses mewujudkan visi jurusan yaitu “Menjadi Program Studi yang Unggul dalam menghasilkan SDM berkualitas dan berdaya saing tinggi di bidang Administrasi Negara pada tahun 2027”. Ada tiga fokus yang sekarang sedang dilaksanakan untuk mencapai visi tersebut, pertama adalah tetap mempertahankan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran serta layanan kepada mahasiswa. Kedua, meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di mana melibatkan kolaborasi antara dosen dan mahasiswa. Ketiga, membangun networking dengan para stakeholder, salah satunya dengan program Praktik Administrasi di mana Jurusan IAN mengirimkan mahasiswa untuk melaksanakan praktik kerja lapangan di instansi luar. Berbicara tentang alumni, saat ini alumni Jurusan IAN telah tersebar di berbagai sektor mulai dari publik maupun privat, mulai dari perangkat desa, perusahaan swasta hingga organisasi non-pemerintah. Hal ini membuktikan lagi bahwa lulusan IAN sudah mampu bersaing di berbagai level. 

Semoga keberadaan laman resmi ini memberikan banyak manfaat bagi kita semua sebagai sarana komunikasi dan informasi secara virtual. Akhir kata, dengan pencapaian yang ada saat ini percayalah, kami tidak akan pernah berhenti. Kami tidak akan berhenti untuk terus berkembang dan berinovasi untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan terjangkau. Masih banyak mimpi yang kami gantungkan di atas sana oleh karena itu kami akan terus berusaha meraihnya.

 

Salam,

Imanuel Jaya, S.AP., M.AP

Ketua Jurusan Ilmu Administrasi Negara FISIP UPR