• Thursday 28th of March 2024 11:30:14 PM
Cover Berita

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, MARIO PURNAMA PUTRA Mewakili Kalimantan Tengah Sebagai Mahasiswa Magang Di DPR RI

Mario Purnama Putra Mahasiswa FISIP Universitas Palangka Raya  satu-satunya perwakilan Putra Daerah Kalimantan Tengah yang lolos seleksi magang di DPR RI program “Kampus Merdeka”.

Kampus Merdeka merupakan salah satu program Kemendikbud Ristek untuk mahasiswa di Indonesia yang ingin mengasah potensi dan minat di luar program studinya.

Salah satu fokus dari program Kampus Merdeka tersebut adalah kegiatan magang. Pada kegiatan magang ini, mahasiswa dapat mengenal seluk beluk profesi yang dapat menjadi bekal untuk bekerja di masa mendatang.

Diharapkan lewat kegiatan ini, mahasiswa dapat mempelajari keterampilan yang dibutuhkan seperti berpikir kritis, profesionalisme, kolaborasi, dan disiplin. (Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2021)

Selama satu semester, mahasiswa magang akan mengikuti proses dan segala macam aktivitas dalam mekanisme penyusunan undang-undang, menjalani secara langsung dalam unit-unit yang ada, dipandu oleh pendamping (mentor) internal yang ada dalam unit tersebut.

Dalam prosesnya, mahasiswa magang akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk bisa berkolaborasi dan menjalani magang dengan lebih terstruktur, yang juga disesuaikan dengan kapasitas ruangan dan protokol kesehatan yang berlaku. (Sekretariat Jenderal DPR RI, 2021)                      

Tepat pada tanggal 19 September 202, Mario Purnama Putra Mahasiswa FISIP Universitas Palangka Raya Putra Daerah Kalimantan Tengah berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Magang di DPR RI Bidang Parlemen Trainee Program Kampus Merdeka selama 5 bulan yang di mulai dari bulan September 2021.

“Saya merupakan Mahasiswa jurusan Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik Universitas Palangka Raya semester 7 (tujuh) yang lolos Magang di DPR RI Bidang Parlemen Trainee program Kampus Merdeka dan merupakan satu-satunya Mahasiswa putra daerah dari Kalimantan Tengah,” kata Mario.

“Diterima magang di DPR RI melalui mekanisme pendaftaran dan seleksi yang cukup ketat total sebanyak 200 Mahasiswa yang lolos seleksi dan diterima dengan diikuti oleh pendaftar sebanyak 15 ribu Mahasiswa dari seluruh Indonesia” Ucap Mario Purnama Putra saat di temui di bandara Tjilik Riwut di sela sela keberangkatannya.

 

Sumber : dayaknews.com/palangka-raya/program-kampus-merdeka-mario-purnama-putra-wakili-kalimantan-tengah-magang-di-dpr-ri/